niagahoster

Hosting Unlimited Indonesia

paidverts

PaidVerts

Jumat, 17 April 2015

button play next frame flash

kita akan mempelajari atau membuat jika button di klik maka jalankan animasi, pada awal pembuatan sama dengan tutorial sebelumnya. pertama buka flash anda lalu masukkan button atau membuat button di frame 1 lalu di convert to symbol menjadi button, setelah itu beri instance name untuk coding nantinya. seperti ini:



setelah itu pada frame 15 kita insert key frame untuk membuat animasi jika button diklik maka button akan menghilang / memudar secara perlahan. pada frame 15 klik satu kali dan objek di klik satu kali maka pada properties tampilannya akan seperti ini :


di dalam properties terdapat coller effect - style pilih alpha dan persen alpha di buat menjadi nol seperti gambar ini :


nah terlihat objek button menjadi hilang dan itu benar setelah itu diantara frame 1 sampai 15 klik kanan pilih create classic tween seperti gambar ini :


dan hasilnya jika benar maka tampilan pada flash anda akan seperti ini :


jika anda tarik maju mundur warna merah akan terlihat efek dari buttonnya akan menjadi menghilang. setelah itu pada frame ke 16 insert blank key frame atau tekan tombol F7 dan masukkan gambar atau membuat shape untuk di animasikan saya akan memasukkan shape karena lebih simple tidak usah di import lagi. seperti gambar ini :


nah setelah itu kita animasikan di sini saya akan menggerakkan ke kiri dan kanan saja. animasi tersebut sesuka anda karena anda yang membuat. oke, sekarang saya akan menggunakan frame 35 dan 55 untuk membuat anisai berjalan ke kiri dan ke kanan, pertma kita akan membuat animasi ke kiri. klik insert key frame di frame ke 35 dan pidahkan semua objek ke kiri seperti ini :


lalu klik kanan di antara frame 16 sampai 35 dan pilih create classsic tween, lakukan hal yang sama untuk ke kanan pada frame 55 tekan tombol F6 / insert key frame dan pindahkan objek ke sebelah kanan seperti gambar ini :


setelah itu diantara frame 36 sampai 55 klik kanan dan pilih create classic tween. nah, sekarang kita akan memasukkan codingnya. buat layer baru dan letakkan di atas. pada frame 1 layer as tekan F9 dan masukkan coding ini :

"import flash.events.MouseEvent;

stop();

btnlanjut.addEventListener(MouseEvent.CLICK, lanjut);


function lanjut(event:MouseEvent):void{
gotoAndPlay(2);
}"

nah pada coding ini hampir sama dengan coding sebelumnya hanya berbeda pada gotoAndStop dan gotoAndPlay. dan seperti gambar ini :


dan jika anda tekan ctrl+enter maka selesai deh.., tetapi masi ada sedikit aneh kan?? karena jika di klik buttonya maka semuanya berjalan dengan baik pada bagian akhirnya objek itu kembali ke button nah unuk memperbaik itu. pertama anda insert key frame atau blank key frame juga boleh di akhir layer baru untuk scriptnya seperti ini :


lalu tekan tombol F9 dan tulis script 

"stop();"

seperti gambar ini :


coba hasilnya tekan ctrl + enter maka selesai sudah dalam pembuatan play next frame


download file : untitled-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar